Sunday 20 October 2013

PELAYANAN YANG PARIPURNA


Perubahan peta dunia usaha hari ini adalah bukan dari berapa produk/usaha yang bisa terjual tetapi sudah bergerak kearah pelayanan.  Seorang pebisnis tidak hanya menangkap berapa peluang konsumen yang bisa diraih tetapi juga memperhatikan berapa konsumen yang bisa dilayani bukan hanya dengan baik tapi pelayanan yang paripurna/sempurna.


Produk/usaha yang sama banyak atau kemasan yang unik banyak, tetapi yang belum diperhatikan bagaimana seorang usahawan menjadikan pelayanan dalam bagian dari kesuksesan usahanya. Adanya keinginan untuk terus mengembangkan sisi pelayanan adalah usaha investasi yang akan mengalir sedikit demi sedikit menapaki tangga tertinggi usaha kita.

Untuk menciptakan pelayanan yang paripurna maka jadikan diri kita sebagai seorang "pelayan" yang ahli untuk produk/usaha kita yang bersifat  paripurna juga. intinya adalah jadikan konsumen kita sebagai pasangan hidup.

Tingkat kebutuhan pelanggan adalah dia memerlukan solusi dan adanya interaksi. Dengan dua kebutuhan tersebut maka muncul nilai dari konsumen berupa:
a. Adanya peningkatan daya beli
b. Adanya keinginan konsumen untuk merekomendasikan produk kita.
Ada beberapa tipe pelanggan yang disesuaikan dengan tingkat loyalitas (info terkait http://www.learnmarketing.net/ladder.htm )
a. Suspect (orang yang terindikasi)
    Seorang konsumen yang tiba-tiba hadir dan memperhatikan produk yang kita buat. dia merupakan konsumen yang berpotensi membeli produk kita
b. Prospect (orang yang tertarik)
    Tipe konsumen ini sudah mulai tertarik dan memahami produk yang kita buat. konsumen ini sangat berpotensi untuk membeli produk kita
c. Costumers (konsumen)
    Dia adalah pembeli produk kita
d. Clients (konsumsi berulang)
    Dia adalah konsumen kita yang membeli produk kita kembali
e. Advocates (Penasehat)
    Dia akan mempromosikan produk/usaha kita. Dia sangat senang dengan produk atau usaha kita dan akan menginformasikan kepada orang lain.

dari tangga loyalitas tersebut bisa ditambahkan satu lagi yaitu Costumer Evangelist, sangat berbanggalah kita kalau punya konsumen seperti ini dia akan menjadi "DAI" atau "PENDETA" atau "RAHIB" bagi produk kita. Dia akan memberikan "ceramah umum" terhadap produk yang kita miliki.

Pelayanan yang paripurna digambarkan dengan kata yang sedikit menarik adalah "ILHAMIN"
I  =  Ingat
L =  Layani
H = Hormati
A = Apresiasi
M = Mengerti
I  =  Ikuti
N = Nyaman

maka
                 PELAYANAN < PERMINTAAN = BENCANA
                 PELAYANAN = PERMINTAAN = BIASA
                 PELAYANAN > PERMINTAAN = PARIPURNA

Jadi "Pelayanan yang paripurna merupakan investasi jangka panjang dan kita akan mendapatkan lompatan usaha yang luar biasa"

No comments:

Post a Comment