Wednesday 29 October 2014

Air Kemana ya?



…..Air meluap sampai jauh
Dan akhirnya ke laut….

            Kita tidak asing lagi dengan penggalan lagu ini.  Ya benar itu penggalan lagu Bengawan Solo ciptaan Opa Gesang.  Lagu ini diciptakan tahun 1940, namun isi dari lirik lagunya rasanya masih tetap relevan sampai hari ini.


            Dalam lagu tersebut disebutkan ketika kondisi dalam keadaan kemarau air sedikit (bahkan cenderung untuk sungai-sungai kecil di Indonesia dalam keadaan kering).  Tapi berbalik 180 derajat ketika musim hujan air akan meluap cukup jauh dari sekitar aliran sungai.  Kondisi ini ternyata masih terus berlangsung sampai hari ini.  Kita perlu mengkaji kembali bagaimana manajemen air yang bisa kita terapkan.


            Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan membuat cekungan-cekungan atau danau buatan sekitar aliran sungai.  Contoh dalam 1-5 kilometer (aliran sungai) terdapat 1 danau buatan seluas 1 hektar dengan kedalaman 5-10 meter dan di dasar danau kita buat lagi seperti bio pori-bio pori (untuk memasukan air ke dalam tanah lagi).  Dengan mencontohkan sungai bengawan solo panjang aliran sungai 549 km, jika dibagi per 5 km maka akan ada 109 danau buatan. Itu baru satu sungai, sedangkan Indonesia memiliki Kurang lebih 5.590 sungai utama dan 65.017 anak sungai di Indonesia.  Dan Panjang total lebih dari 94.573 km tapi itu hanya dari panjang sungai utama. Danau buatan ini selain bermanfaat bagi irigasi dan menyokong kembali air tanah, bisa juga dimanfaatkan untuk wisata atau arena bermain disekitar danau apalagi ditambah dengan pepohonan.  Selain itu bisa dimanfaatkan juga untuk perikanan air tawar.


Kesulitannya adalah pemerintah daerah harus dapat membujuk pemilik tanah untuk dijadikan areal danau.  Namun bisa saja ketika sudah menjadi danau buatan maka pengelolaannya diserahkan kepada pemilik lahan.  Jadi sifatnya bukan penggusuran tapi pengalihan profesi saja.


            Jadi dengan kita memanage air manfaatnya jauh… jauh… lebih banyak dibandingkan kita membuang air begitu saja ke laut dan akan mencari air ketika kekeringan seperti yang terjadi saat ini di beberapa daerah.


Berdamailah dengan air maka air akan memberikan manfaat yang tidak terduga!!!


Link Terkait :
>> Merencanakan Financial Hari Esok, Pentingkah?
>> Pelayanan Yang Paripurna

No comments:

Post a Comment