Friday 14 November 2014

Innalillaahi Wa Innaailaihi Raaji'uun... Kata Yang Tepat

Dunia ini terus bergerak dan akan terus bergerak (sebelum waktunya dihentikan oleh اَللّهُ), begitu pula dalam kehidupan itu sendiri selalu dinamis.  Perubahan demi perubahan pasti terjadi.  Kita manusia sebagai pelakunya mau tidak mau harus siap untuk menerima segala resiko yang terjadi baik itu perubahan yang diakibatkan dari faktor eksternal maupun keputusan yang kita ambil untuk melakukan perubahan itu sendiri.


         Ketika dinamis itu kita yang mengambil keputusan biasanya kita berfikir tidak terlalu memperhatikan resiko yang signifikan.  Tetapi saat perubahan karena faktor eksternal sering kita merasa terpukul atau seolah-olah tidak menerima kenyataan itu, walaupun tetap perubahan itu harus terjadi.

         Perubahan itu tetap terjadi!.  Artinya yang harus kita persiapkan adalah bukan untuk mengambil keputusan yang lain dengan tujuan menghindari perubahan itu atau mencoba menghalangi supaya tidak terjadi perubahan.  Ya kita harus mempersiapkan diri terutama mental kita bahwa kita sedang diambang perubahan.  

Yakinlah اَللّهُ akan memberikan yang terbaik bagi kita dan اَللّهُ tidak akan memberikan satu perubahan apapun jika mental kita tidak mampu menanggungnya.  Ya betul اَللّهُ sangat sayang sama kita artinya perubahan itu terjadi melainkan اَللّهُ ingin kita bisa pindah kelas ke kelas yang lebih tinggi.

Satu hal saja yang memang sering kita ucapkan yaitu Innalillaahi wa innaailaihi raaji'uun.  Kalimat ini benar-benar memiliki kekuatan keimanan kita walau kita merasakan sendiri untuk mengatasi perubahan itu tapi dengan kalimat itu kita merasakan kehadiran yang Maha Rahiim.  Kita bisa tenang karena ada yang memeluk hati kita yang menentramkan jiwa kita. 


          Jadi kita hanya perlu menerima bahwa dunia ini dinamis yang terus berputar.  Dan kita pasti mengalami perubahan itu.

Selamat  bersabar!!!

No comments:

Post a Comment