Monday 3 November 2014

Laika dan Jasanya



           Mungkin ada yang bingung siapa Laika, ya dia hanya seekor anjing.  Namun Laika ini merupakan binatang pertama yang mengorbit Bumi.  Tanggal 3 November 1957 merupakan hari dimana dia diluncurkan ke ruang angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soviet Sputnik II. 


            Kenapa Laika (atau binatang yang pertama diluncurkan)? Karena para ilmuwan belum mengetahui seberapa mampu makhluk hidup bertahan di luar angkasa.  Dengan menjadikan Laika sebagai binatang percobaan maka para ilmuwan Soviet bisa mendapatkan data-data tentang kondisi di luar angkasa dan pengaruhnya luar angkasa terhadap makhluk hidup.

            Apapun yang menjadi penyebab kematian Laika memang masih menjadi kontroversial tapi tetap kita sebagai makhluk hidup harus berterima kasih terhadap Laika.  Dengan jasanya sampai hari ini kita bisa mengeksplorasi ruang angkasa lebih banyak lagi.

            Jadi 3 November ini kita berikan penghormatan yang tulus bagi Laika atas jasa-jasa dia, walaupun dia tidak pernah mengharap balas budi dari manusia.  Terima kasih Laika….

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Laika

No comments:

Post a Comment