Wednesday 5 November 2014

Stadion Gelora Bung Karno, adalah Milik Indonesia



         Pergelaran akbar babak semifinal Liga Super Indonesia (ISL) 2014 telah berakhir kemarin (4/11/2014) dengan klub yang melaju ke babak final yaitu Persipura yang mengalahkan Pelita Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0.  Pertandingan kedua antara Persib Bandung dan Arema Cronos dengan dimenangkan oleh Persib Bandung dengan skor 3-1.

           
            Pertandingan final akan dilangsungkan pada tanggal 7 November 2014 jam 19.00 seperti yang disampaikan oleh Media Officer PT Liga Indonesia Asep Saputra.  Namun cukup disayangkan ternyata tempat pergelaran partai puncak final ISL di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

         Memang ini sebuah keputusan yang sulit, pertama karena dari pihak manajemen Persib Bandung Umuh Muchtar merasa tidak nyaman jika bertanding di Gelora Bung Karno (GBK).  Di sisi lain juga para suporter  Persija Jakarta The Jakmania seolah juga tidak memberikan “restu” kalau GBK dipakai partai final ISL 2014 jika yang melaju adalah Persib Bandung.

          Sebuah realita dalam persepakbolaan Indonesia.  Fanatisme terhadap klub tidak akan disalahkan bahkan sebuah klub akan maju dan menjadi besar karena kehadiran para suporter yang fanatis, namun yang jadi persoalan adalah Gelora Bung Karno adalah stadion milik masyarakat Indonesia bukan milik salah satu tim.  Dan ISL juga merupakan liga sepakbola Indonesia yang cukup kita banggakan.  Sudah selayaknya pertandingan final ISL diselenggarakan di Gelora Bung Karno.  

Sebagaimana juga kicauan Ridwan Kamil tentang Stadion GBK di twitter yang mengatakan Stadion GBK adalah simbol nasional.


            Namun apapun keputusan yang ditetapkan oleh Panitia Pelaksana ISL patut kita support karena memang sudah melalui pengkajian yang serius.  Dan kesepakatan pertandingan Final sudah ditetapkan tapi yang jelas Gelora Bung Karno adalah Stadion yang layak untuk mengelar partai-partai skala Nasional dan Internasional.  Jadi kita layak kalau kita bangga dengan Stadion Gelora Bung Karno.


No comments:

Post a Comment