Tuesday 20 October 2015

Refleksi Hijrah Dalam Kehidupan Kita (3)

          Selanjutnya lima Unsur dari Jihad, sebagai berikut:

4. Antusias, antusias ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang diceritakan oleh Aisyah RA.  Ketika Rasulullah akan ke masjidpun Beliau pamit, padahal masjid menempel dengan tembok rumah Rasulullah.  Begitupun kita ketika akan pergi seperti ke kantor dll bisa ijin terlebih dahulu ke istri, itu membuktikan kita antusias dalam segala hal.  Sikap antusias juga memberikan efek yang lain contoh memberikan ASI ke anak, sentuhan lembut ketika anak hiperaktif maka hal itu akan berefek kepada kecerdasan sosial anak 20 tahun yang akan datang.


5. Selesaikan Kerja, dalam QS Alam Nashroh:7-8 "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain"; "dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap".  Alloh SWT menginginkan ketika kita menghadapi segala sesuatu pekerjaan maka selesaikan terlebih dahulu baru setelah itu kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain dan terakhir kita menyerahkan hasil pekerjaan kita kepada Alloh SWT.

         Dan terakhir setelah beriman dan jihad kita juga hijrah.  Hijrah itu bermakna pindah kearah yang positif, atau move on ke arah yang lebih baik.  Jadi makna hijrah itu bersifat konstruktif bukan destruktif.  Semoga dengan tahun baru Hijriyah ini kita bisa lebih bermakna dalam hidup ini, Amiin.

Semoga Bermanfaat, Selamat Tahun Baru 1437 Hijriyah.

2 comments:

  1. sip, hatur nuhun sedikit mengobati kerinduan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2 Bos, mdh2an next klo ada acara lagi gimana kalau mampir, hehehe

      Delete