Pernahkah kita melakukan interaksi terhadap suatu pelayanan dari sebuah produk? sebagian besar pasti mengalaminya. Baik kita hanya bertanya dalam bentuk informasi bahkan sampai komplain terhadap sebuah produk yang kita gunakan. Bagi sebuah perusahaan memberikan kemudahan akses bagi para pengguna produk seperti Customer Service atau Service Center, sangat menentukan bagi keberlangsungan bisnis sebuah perusahaan. Walaupun sebagian besar berisi komplain namun itu adalah ujung tombak untuk menentukan apakah produk tetap digunakan atau tidak oleh customer. Seperti apa tingkat keberhasilan bagi sebuah Customer Service atau Service Center?
Customer Service atau Service Center secara pengalokasian dana cukup besar baik dari tempat dan biaya karyawan, namun dalam pelaksanaannya biasanya tetap ada parameter keberhasilannya. Tingkat keberhasilan masing-masing perusahaan terhadap Customer Service atau Service Center berbeda-beda. Tapi umumnya tiga parameter dibawah ini selalu menjadi patokan, yaitu: Revenue, Customer Visit dan Transaction Ratio.
Revenue; berupa pemasukan yang timbul dari pembelian langsung produk oleh customer atau hasil offering, hal ini sangat diperlukan terutama bagi pembeli yang tadinya tidak menggunakan menjadi pengguna produk tersebut.
Customer Visit; memang bagi Customer Service atau Service Center revenue tidak terlalu diutamakan karena prinsipnya lebih kearah bagaimana melayani pelanggan dengan pelayanan yang wow. Sehingga yang utama adalah seberapa efektif sebuah Customer Service atau Service Center dari seberapa banyak Customer Visitnya. Jadi berawal dari Customer Visit ini bisa menentukan tentang segala kebutuhan dari Customer Service atau Service Center revenue.
Transaction Ratio; untuk mengetahui apakah Customer Service atau Service Center efisien yaitu dari perhitungan ini. Perhitungan ini hanya hasil pembagian dari Revenue dibagi Customer Visit. semakin besar rasio yang ada maka semakin besar tingkat keberhasilannya apalagi jika pembagi (Customer Visit) meningkat tetapi Transaction Ratio juga meningkat maka semakin efisien dan menguntungkan penempatan Customer Service atau Service Center di suatu lokasi.
Itu tadi tiga langkah perhitungan dari tingkat keberhasilan suatu Customer Service atau Service Center. Langkah yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah Customer Visit adalah dengan memperkenalkan diri salah satunya dengan mengadakan event minimal satu bulan satu kali. Jadi dengan cara seperti itu Customer Service atau Service Center tetap bisa dipertahankan atau tidak di suatu lokasi.
No comments:
Post a Comment