Thursday 29 October 2015

Bisa Mengetahui Hal Ghaib, Benarkah?

          Saat ini banyak sekali fenomena tentang hal yang ghaib.  Mulai dari yang hanya sekedar tahu sampai yang katanya ahli tentang hal ghaib.   Dalam Islam kita tetap diwajibkan untuk percaya kepada hal yang ghaib.  Termasuk Alloh SWT dan makhluk ciptaan selain manusia dan alam semesta, semuanya bersifat ghaib.  Untuk hal-hal ghaib tersebut banyak sekali saat ini yang mengetahuinya, benarkah?


          Kalau melihat acara tv ada beberapa yang mengarahkan ke hal-hal ghaib.  Seolah-olah sangat memahami tentang itu.  Serta isme-isme masuk ke pemahaman setiap orang apalagi ke anak-anak.  Bagaimana sikap kita menghadapi hal itu.  dalam QS Al Anaam:59 "Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)".
Juga di QS Al Jin:26 "(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu"

          Merujuk kepada kedua ayat diatas Alloh SWT menjelaskan bahwa Alloh SWT tidak akan memberikan pemahaman/pengetahuan apapun kepada makhluk-Nya.  Dan semua yang ghaib itu sudah tertulis di Lauh Mahfudz.

          Kita hanya wajib meyakini kalau hal ghaib itu ada.  Tapi kita juga tidak wajib mempercayai jika seseorang merasa bahwa dia mengetahui hal-hal ghaib.  Jadi itulah kuasa Alloh SWT dalam hal-hal ghaib kita hanya wajib mengimaninya.  

No comments:

Post a Comment