Tuesday 3 November 2015

Ketika Penghargaan Kecil Menghasilkan Karya Besar

          Kita menyadari setiap yang dilakukan akan ada balasannya.  Sebagaimana dalam Al Qur'an Alloh  SWT akan membalas kejahatan atau kebaikan walau sebesar biji dzarrah, dan kadang balasannya bisa berlipat ganda.  Dalam kehidupan sehari-hari kita kadang lupa bahwa seharusnya kita mencoba menerapkan seperti yang Alloh SWT lakukan.  Penghargaan kecil apa yang menghasilkan karya besar?


           Kita kadang terlena bahwa yang namanya memberi itu harus besar, kita kadang melupakan hal kecil.  Padahal banyak sekali kita sadari atau tidak pemberian hal kecil kita bisa memunculkan efek yang besar.

             Penghargaan-penghargaan atau pemberian-pemberian kecil, seperti: memberi kue atau makanan kecil kepada tukang ojek yang mangkal di depan rumah lebih berarti dibandingkan menyediakan satpam atau meninggikan pagar rumah, kalau di dunia kerja memberikan minuman atau makanan kecil bagi team yang lembur akan menghasilkan semangat kerja yang tinggi dan berimpact kepada hasil kerja.

            Banyak sekali contoh hal-hal kecil tapi berimpact kepada karya besar.  Jadi kita lebih nyaman melakukan hal-hal kecil sehingga tidak memerlukan effort yang lebih untuk mencapai karya besar.

No comments:

Post a Comment