Seiring dengan kemajuan teknologi, terutama yang berbasis internet seperti komputer dan handphone maka semakin banyak pula inovasi-inovasi yang mengikutinya. Banyak perubahan pola hidup masyarakat dari yang bersifat sosial kemasyarakatan sampai ke transaksional, semua disajikan dalam bentuk informatif dan komunikatif. Salah satunya adalah belanja online, sehingga banyak sekali konsep berbelanja yang ditawarkan. Ada konsep berbelanja yang menarik ditawarkan oleh blibli.com sebagai salah satu media transaksional, benarkah?
Penawaran dalam konsep berbelanja atau jual beli sering kita temukan dalam dunia offline atau yang besifat pasar tradisional ataupun pasar modern. Konsep berbelanja tersebut coba dibawa oleh para pelaku pasar online ke dalam bisnis belanja online. Beberapa review konsep tentang pasar online bisa dibagi dalam 3 konsep pasar offline yang sudah kita kenal yaitu
1. ada yang hanya memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli kalau dalam pasar offline lebih ke arah pasar tradisional dimana pemilik pasar hanya bertanggung jawab terhadap stand pedagang saja. Tanpa melihat transaksi yang dilakukan antara pedagang dan pembeli. Serta tidak tersegmentasi produk dengan baik.
2. ada yang memiliki konsep pasar modern namun bersifat mall. Konsep pasar ini lebih lebih elegan dan mulai tersegmentasi produk-produk yang dijual. Juga pihak pemilik media online sedikit banyak turut serta mengawasi transaksi yang dilakukan. Bahkan ada beberapa media online sangat mensortir para pedagang onlinenya karena yang mulai ditonjolkan adalah merk media online tersebut.
3. Terakhir ada yang memiliki konsep pasar modern tetapi bersifat terintegrasi. Biasanya bersifat korporasi namun jika ada orang pribadi atau perusahaan yang ingin memasarkan produk maka tetap menampilkan bahwa itu produk satu merk.
Konsep yang pertama orang lebih mengenal seperti pasar sayur atau kebutuhan sehari-hari, harga produk dari satu pedagang dengan pedagang lain memiliki panduan harga masing-masing walaupun produk yang dijual sama. Konsep yang kedua orang lebih mengejar faktor rekreasi dengan membandingkan harga saja, dari sisi harga tetap bisa saja terjadi perbedaan antara satu pedagang dengan pedagang lain. Sedangkan yang ketiga berupa bersifat produk lengkap, dari sisi harga lebih menjanjikan karena bersifat korporasi maka harga bisa sama untuk satu produk dan yang menguntungkan bagi pembeli adalah bisa mendapatkan harga diskon.
Mengacu kepada ketiga konsep pasar diatas yang memiliki konsep ketiga atau penjualan online dan bersifat korporasi baru dimunculkan oleh blibli.com.
Dengan bersifat korporasi blibli.com bisa menciptakan sesuatu yang sebenarnya merupakan kebutuhan dasar manusia dalam berbelanja, antara lain:
1. Pembeli memerlukan kepercayaan dari pedagang (apalagi berbasis online), dengan konsep ini kita hanya mengenal all produk satu penjual yaitu blibli.com.
2. Siapapun sebagai pembeli pasti senang dengan produk diskon. Blibli.com bisa menawarkan konsep promo menarik setiap hari dengan tematis seperti senin ibu dan anak atau kamis ganteng.
3. Dalam berbelanja kita sudah cukup senang jika pelayanan memuaskan namun kita akan mendapatkan wow service karena saat ini hanya Blibli.com yang memberikan layanan antar gratis ke seluruh Indonesia.
4. Kendala dalam berbelanja online pembeli selalu was-was ketika sudah mentransfer uang namun barang belum datang saja ke alamat pembeli. Namun Blibli.com bisa mengatasi rasa khawatir tersebut dengan memberikan layanan contact center 24 jam 7 hari dalam seminggu.
5. Terakhir baru Blibli.com yang coba menawarkan konsep kredit barang dengan cicilan 0% hingga 12 bulan.
Dengan penawaran-penawaran yang ada di Blibli.com akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan dalam berbelanja. Jadi untuk saat ini hanya Blibli.com yang bisa menawarkan inovasi dalam berbelanja online. Teruslah menjadi pembeli yang bijak dan selamat berbelanja online.
ReplyDeletepostingan terbaru toko online